Candi Borobudur

0
384

bbd

Sebuah bangunan pra sejarah yang termasuk ke dalam keajaiban dunia ini merupakan aset yang bernilai tinggi bagi negara Indonesia oleh karena itu Candi Borobudur meski kita rawat dan lestarikan. Bagi anda yang gemar bertamasya ke tempat-tempat bersejarah, tempat ini adalah salah satu pilihan yang patut kita datangi. Bangunan candi ini terletak di desa Budur, yang merupakan bagian dari Kecamatan Sleman, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa tengah. Bahkan bisa lebih dekat daari Kota Yogjakarta yaitu sekitar 40 Km saja menuju ke arah utara.

Bangunan Candi ini didirikan pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Dinasty Sailendra. Candi yang berarti Biara atau tempat suci umat Budha dan Budur adalah nama tempatnya berarti Candi Borobudur adalah tempat ibadah umat Budha yang berada di Budur. Bangunan Candi ini terbagi menjadi dua, yang pertama bangunan dasar yang berbentuk persegi empat dengan ukuran 123 x 123 meter. Dan yang kedua adalah bangunan pusat Candi Borobudur yang berbentuk lingkaran yang mana semakin ke atas semakin kecil dan tingginya sekitar 42 meter. Kalau dibayangkan seperti limas berundak.

Bangunan Candi Borobudur ini terdiri dari sepuluh tingkatan yang terbuat dari batu alam dan dibuat tanpa bahan perekat atau semen. Kesepuluh tingkatan itu menurut ajaran Agama Budha berarti sepuluh hukum atau aturan yang sama sekali tidak boleh dilanggar oleh seorang biarawan, dan hukum yang sepuluh itu dikenal sebagai dasasila.

Di dalam Bangunan Candi Borobudur juga terdapat tiga buah Relief yang penuh arti dan menggambarkan kehidupan manusia, Yaitu :

1. Kamadhatu

Suatu relief yang menggambarkan tahap kehidupan manusia yang penuh akan keserakahan dan nafsu. Kamadhatu ini digambarkan dengan relief Karmawibhangga atau dengan kata lain sebagai hukum karma. Kamadhatu dipahatkan sebagai kaki candi.

2. Rupadhatu

Relief ini menggambarkan suatu tindakan seseorang yang telah meninggalkan kehidupan yang penuh hawa nafsu dan keserakahan, Rupadhatui dipahatkan sebagai badan Candi.

3.Arupadhatu

Sebuah relief yang menggambarkan kehidupan seseorang yang telah benar-benar meninggalkan hawa nafsu dan keserakahan tanpa ada keterkaitan apapun demi menuju keselamatan menuju nirwana atau syurga. Arupadhatu dipahatkan sebagai induk candi yang dikelilingi ole 72 stupa.

Adapun jumlah patung Budha yang terdapat pada Candi Borobudur ini berjumlah sekitar 504 buah, dan jumlah seluruh reliefnya 1.400 buah relief.

Nah, kalau anda hendak berkunjung ke sana. Jagna lupa oleh-olehnya y karena di sekitar lokasi juga terdapat jajakan oleh-oleh dari para pedagang pribumi yang terkenal sopan santun khas Kesultanan Yogyakarta.

bdr bddr brbdr

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here