Berwisata Diving dan Mengunjungi Pasar Terapung Di Kalimantan

0
398

derawan4

  1. Diving di Kepulauan Derawan

derawan3

Bukan hanya terkenal akan wisata alamnya saja, Pulau Kalimantan juga cukup terkenal dengan wisata airnya dan tak kalah menariknya dengan keindahan pulau-pulau Indonesia Timur. Salah satu syurga bagi para pecinta diving juga ada disini. Yaitu di Kepulauan Derawan Kalimanatan Timur. Setelah kepulauan Raja Ampat sebagai syurga bagi para pecinta diving yang pertama, nah di kepulauan Derawan ini merupakan syurga kedua bagi para pecinta hobbi diving. Keindahan taman bawah lautnya yang eksotis, terumbu karang yang memukau dan ditemani ikan-ikan cantik yang menggemaskan membuat para pengunjung betah untuk berlama-lama diving menikmati alam bawah laut kepulauan Derawan ini.

Kepulauan Derawan ini terdiri dari pulau-pulau kecil. Pulau yang paling sering dikunjungi para wisatawan yaitu Pulau Kakaban. Para penyelam yang sengaja datang dari dalam dan luar negeri berlomba – lomba untuk bertemu dengan si penyu sisik ( Eretmochelys imbricata ) dan penyu hijau ( Chelonia mydas ) yang sedang asyik berenang di laut. Selain itu, ada tempat yang tidak boleh dilewatkan bila anda akan berkunjung ke tempat ini yaitu Danau Kakaban yang juga merupakan laguna. Danau kakaban terbentuk dari air laut yang terjebak di dalam pulau selama beratus-ratus tahun dan bercampur dengan air hujan. Jika berkunjung ke danau ini, kita dapat melihat ubur – ubur yang berenang terbalik, dan tentakelnya di atas. Dan danau yang seperti ini hanya ada dua di dunia, dan yang satu lagi berada di Uganda, yaitu bernama Danau Victoria.

2. Menikmati suasana Pasar Terapung

pasar terapung1

Pasar terapung merupakan pasar tradisional yang terkenal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Di pasar ini bukan hanya aktivitas perdagangan seperti biasa saja yang memakai uang. Akan tetapi, budaya yang terdapat di pasar terapung ini adalah adanya aktivitas jual beli dengan cara Barter. Yaitu proses jual beli tanpa uang dan hanya menukarkan barang yang nilainya sama atau disesuaikan.

Bila anda ingin berkunjung ke Pasar Terapung waktu terbaik untuk mengunjungi pasar terapung yaitu pada waktu subuh. Karena disaat subuh, pasar masih dipenuhi dengan perahu-perahu yang menjajakan berbagai jenis barang. Mulai dari berbagai jenis bahan makanan hingga perlengkapan dapur, bahkan peralatan sekolah juga ada di pasar ini. Dan tentunya jangan anda lewati untuk mencicipi sarapan khas Kota Banjarmasin, yaitu soto Banjar. Kenikmatan dalam menyantap soto di atas perahu yang bergoyang merupakan kenikmatan tersendiri yang tak akan pernah anda temui di tempat lainnya. Masih di sekitar Sungai Kuin, terdapat Pulau Kambang yang merupakan habitat monyet. Jika beruntung, anda bisa bertemu bekantan, yaitu si monyet idung panjang khas Kalimantan.

derawan3 pasar terapung3 pasar terapung2derawan2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here