Tempat Wisata Yogyakarta, Pantai Wediombo

0
355

Biasanya sebuah pantai memiliki hamparan pasir yang luas, tapi untuk pantai yang satu ini kebalikannya. Pantai ini tidak memiliki pasir yang terhampar luas karena di apit oleh bukit karang. Namun, pasir yang dimiliki oleh pantai ini sangatlah bersih dan putih. Nama pantai ini adalah Pantai Wediombo.

pantai wadiombo.jpeg2

Meski keadaannya begitu, pantai ini juga tetap menygyhkan panorama yang tidak kalah hebatnya dari pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Di sini kita akan melihat air laut yang masih biru, tidakseperti patai-pantai lainnya yang sudah tercemar hingga airnya berwarna hijau, pasir putih yang masih terjaga dan juga suasananya yang tenang jauh dari keramaian dan lalulalang kendaraan, sehingga jika kita berada di tempat ini kita akan merasa tenang, cocok untuk menjernihkan fikiran.

pantai wadiombo.jpeg1

Pantai Wediombo terletak di Des. Jepitu Kec. Girisubo Kab. Gunung Kidul. Jika anda ingin mengunjungi pantai ini anda cukup berbelok ke kanan dari pertigaan Tepus, terus mengikuti alur jalan hingga menemukan papan petunjuk kemudian belok ke kanandan langsung menuju ke Pantai Wediombo. Dan untuk menuju pantainya anda harus sedikit berjalan kaki dengan menuruni anak tangga.

pantai wadiombo.jpeg3

Selain dari panorama pantainya yang sangat mempesona, ternyata di tempat ini juga menawarkan pengalaman wisata yang unik dan ekstrim yaitu, memancing dia atas bukit karang. Jika anda berungtung anda akan mendapatkan ikan yang besar, karena beberapa para wisatawan yang pernah memancing di sini pernah mendapatkan ikan dengan ukuran lengan orang dewasa.

pantai wadiombo

Jika anda tidak mempunyai nyali untuk memancing di bukit karang, anda juga bisa membeli ikan hasil pancingan dari warga sekitar. Jika anda datang pada saat-saat tertentu anda bisa melihat upacara yang di gelar oleh masyarakat setempat yaitu upacara Ngalangi, biasanya upacara ini diadakan sekali dalam setahun. Tujuannya adalah mengyngkapkan syukur atas apa yang telah diberikan dan memohon diberi rizki yang lebih akan masa yang akan datang. Maksud dari Anugerah tersebut adalah hasil tangkapan laut yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

pantai wadiombo.jpeg4

Untuk memasuki pantai ini, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 untuk dua orang sekaligus biaya parkir kendaraan. Di sini juga terdapat warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan tempat istirahan untuk menikmati pantai ini sambil menyantap makanan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here