Candi Sari, Sebagai Tempat Wisata Sejarah

0
332

Dari Candi Kalasan hanya berjarak sekitar 150 meter jika ingin berkunjung ke Candi Sari. Pertama kali candi ini ditemukan, bentuknya dalam keadaan rusak, barulah pada tahun 1929 dilakukan pemugaran pada candi ini dan candi ini selesai di pugar pada tahun 1930. Tetapi, hasil dari pemugaran tersebut kurang memuaskan karena pemugaran tersebut belum bisa mengembalikan keutuhan bangunan candi tersebut, hal  itu dikarenakan ada beberapa bagian candi yang hilang, selain itu juga ada beberapa bagian candi yang sudah termakan usia, apalagi yang bukan terbuat dari batu.

candi sari1

Candi Sari berukuran 17,30 x 10 x 17 meter dengan menghadap arah timur, dan tangga masuk untuk menuju ke bilik berada di sisi Timur. Pada setiap sisi tubuh candi terdapat  jendela.

candi sari5

 Jika masuk ke dalam tubuh candi maka akan terdapan ruang yang berjajar, masing-masing dari ruang itu dihubugkan dengan pintu masuk. Dapat diperkirakan candi ini bertingkat  karena lantai atas candi terbuat dari kayu, itu dikarenakan ada lubang-lubang yang diperkirakan digunakan untuk menempatkan ujung dari balok kayu.

candi sari2

Terdapat sebuah dinding yang dihiasi oleh Kalamakara yaitu pada dinding Utara dan Selatan bilik bawah. Sedangkan pahatan arca-arca Dewa Boddhisatva dan tara terdapat pada sisi luar tubuh candi dengan jumlah sebanyak 36 buah, di sebelah sisi Timur, Utara dan Selatan  masing-masing berjumlah 8 buah, sedangkan di sebelah sisi bagian Barat berjumlah 12 buah. Pada umumnya masing-masing arca ini digambarkan dengan sikap Tribangga atau lemah gemulai dengan memegang teratai merah dan biru. Dinding luar candi dilapisi dengan menggunakan plester  atau Bajralepa.

candi sari6

Kalau dilihat dari arca dan relief yang dipahat, maka dapat diperkirakan bahwa Candi Sari ini berlatar belakang agama Buddha. Selain itu juga dari pembagian ruangnya bahwa Candi Sari ini digunakan sebagai tempat Wihara (asrama pendeta). Untuk tahun pendirian candi ini belum dapat diketahui, tetapi jika dilihat dari keberadaan wihara yang terdapat pada prasasti Kalasan, maka dapat diperkirakan bahwa Candi Sari seabad dengan Candi Kalasan yaitu pada abad 8 Masehi.

candi sari3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here