PELABUHAN PAOTERE MAKASSAR, Tempat Berlabuhnya Kapal Phinisi

0
764

Pelabuhan paotere merupakan pelabuha yang menjadi saksi penting sejarah bahari yang berada di Kota Makassar pada abad ke-14 dan juga merupakan pelabuhan rakyat yang memiliki nilai makna sejarah.

pelabuhan paotere

Pelabuhan Paotere merupakan salah satu objek wisata yang berada di Makassar dan merupakan tempat yang menarik untuk di kunjungi. Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan deretan kapal khas rakyat setempat yang sering disebut dengan Kapal Phinisi, dan kapal-kapal motor milik nelayan yang sedang menunggu dan siap berlayar ke tengah lautan. Dengan dibangunnya Pempat Pelelangan Ikan yang di bangun pemerintah setempat maka Paotere menjadi tempat niaga para nelayan.Pelabuhan ini juga digunakan hampir 24 jam sebagai tempat bongkar muat barang dari ratusan kapal Phinisi yang memang berlabuh di kota Makassar.

pelabuhan paotere.jpg1

Angkutan dari kapal-kapal phinisi tersebut meliputi indomie, kelontong, semen, beras dan juga barang-barang lainnya. Kapal ini memiliki daya angkut hingga 500 ton dan berangkat selama 2 hari dalam sebulan.

Pemerintahan Kota Makassar sudah merencanakan berbagai rancangan pembangunan, bahwasannya pelabuhan kapal phinisi ini akan dijadikan sebagai salah satu tempat kawasan wisata dalam jangka waktu yang panjang. Dengan daya tarik dari kapal-kapa phinisi maka akan banyak menarik para wisatawan untuk mengunjungi tempat ini. Agar rancangan ini dapat terealisasikan, maka dilakukan penataan ulang dermaga yang lebih baik oleh PEMKOT Makassar, dengan cara memerluas dermaga agar kapal-kapal phinisi yang berlabuh di pelabuhan ini bisa tertata denga rapih tidak semrawut. Meski begitu Pelabuhan Potere masih tetap akan difungsikan sebagai pelabuhan rakyat yang melayani kapal-kapal kecil dan tradisional.

pelabuhan paotere.jpg2

Paotere terkenal dengan bongkar muatnya ikan hasil tangkapan dari para nelayan. Selain itu juga ada beberapa makanan khas Paotere yang saying jika anda melewatkannya yakni ikan bakar ditambah sambal cobe-cobe khas Makassar.

Beberapa jenis ikan yang disajikan ditempat ini seperti ikan cepak, kerapu dan baronang merupakan menu andalannya, tersedia juga hidangan seafood lainnya seperti udang, kepiting, cumi-cumi.

pelabuhan paotere.jpg3

Banyak orang yang bilang bahwa kalau tidak ke Pantai Losari Maka belum lengkap jika berkunjung ke Makassar. Sebenarnaya masih banyak suguhan wisata yang ada di Makassar contohnya seperti Pelabuhan Paetere, Pelabuhan yang memiliki deretan Kapal Phinisi yang berlabuh di pelabuhan ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

pelabuhan paotere.jpg4

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here