GUNUNG RINJANI LOMBOK
Gunung Rinjani terletak di sebelah Utara Lombok, gunung ini merupakan puncak tertinggi di Nusa Tenggara Barat dan merupakan tertinggi ke-2 di Indonesia. Memiliki tinggi sekitar 3726 meter di atas permukaan laut. Masyarakat setempat meyakini bahwa tempat ini sebagai tempat bersemayamnya Ratu Jin yaitu Dewi Anjani, putrid dari Datu Tuan.

gunung rinjani

Gunung Rinjani merupakan destinasi unggulan Pulau Lombok, danmemiliki pesona alam dan geowisata yang menarik dan nyaris sempurna. Daya tarik yang disuguhkan di tempat ini yaitu kalder, puncak, kawah, mata air panas, air terjun, goa, lubang, letusan dan aliran lava baru.

gunung rinjani berkemah

Hal yang paling eksotik dari Gunung Rinjani yaitu terdapatnya sebuah danau dengan warna air yang biru yang bernama segare anak, dan warga setempat menyebutnya sebagai Segara laut. Danau ini berada di ketinggian 2.800 meter dan terdapat berbagai jenis ikan seperti ikan mas, mujair dan herper.

gunung rinjadi danau

Danau ini dipercaya oleh masyarakat setempat bisa menyembuhkan segala penyakit dan sering digunakan sebagai tempat pemujaan untuk mendapatkan benda-benda sakti. Di dekat danau segare anak terdapat sebuah gunung yang bernama Gunung Baru Jari. Gunung ini jarang dijamah oleh orang untuk menaiki puncaknnya, itu dikarenakan gunung ini masih aktif dan mengeluarkan gas.

gunung rinjani kawah

Selain pesona alamnya ayng eksotik, di Gunung Rinjani juga terdapat bebagai macam flora dan fauna yang beraneka ragam seperti di sebelah Selatan banyak ditumbuhi dengan Dysoxylum sp, Pterospermum dan Ficus Superba. Di ketinggian 3.000 meter terdapat yang disebut bunga abadi yaitu Bunga Edelwiess, dan masih banyak lagi tumbuhan yang lainnya.

gunung rinjani jalan

Selain itu juga di gunung ini tercatat 109 jenis burung dan berbagai hewan yang berasal dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari mencanegara pun ada. Dengan berbagai pesona itulah yang menjadi magnet bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini, tidak hanya wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegarapun banyak yang mendaki ke tempat ini. Gunung Rinjani yang memiliki banyak pesona ala mini sebenarnya merupakan gunung dari sepuluh gunung yang ada di Indonesia yang cukup banyak didaki wisatawan. Jika anda yang suka akan tantangan, maka tidak salahnya jika anda mencoba untuk menguji yali di Gunung Rinjani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *