Wisata Religi dan Penuh Sejarah ke Gunung Muria

0
629

Makam Sunan Muria 2

Kabupaten Kudus Jawa Tengah memiliki potensi wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah-daerah wisata yang terkenal di Indonesia. Salah satu tempat yang sering dan ramai dikunjungi adalah gunung Muria. Selain panorama alamnya yang indah, di gunung Muria ini terdapat sebuah makam yang dikeramatkan oleh warga bahkan semua umat muslim se Indonesia. yaitu makam seorang Sunan yang sangat dihargai oleh masyarakat karena keteladanannya serta jasanya atas penyebaran Agama Islam di pulau Jawa. Beliau yaitu Raden Umar Said adapun nama kecilnya Raden Prawoto anak dari Sunan Kalijaga dengan Dewi Saroh sekaligus keponakan dari Sunan Giri. Raden Prawoto terkenal dengan nama Sunan Muria, hal ini karena beliau tinggal di Gunung Muria.

Makam Sunan Muria

Letaknya yang tak jauh dari kota Kudus yaitu sekitar 18 Km dari kota Kudus di desa Colo kecamatan Dawe di Kabupaten Kudus JawaTengah. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para pejiarah yang datang dari berbagai kota di Indonesia bahkan Dunia. Apalagi pada hari-hari besar keagamaan atau bulan-bulan yang dianggap bersejarah bagi umat Islam. Dengan berlokasi di atas bukit, mengharuskan para pejiarah untuk menaiki tangga sejauh kurang lebih 500 meter. Akan tetapi pengunjung tidak akan merasa capai karena di kiri da kanan anak tangga terdapat rentetan toko-toko yang menjual hasil kerajinan masyarakat sekitar serta barang-barang yang berbau agama Islam. Terdapat alternatif lain jika anda malas atau tidak kuat untuk menaiki anak tangga, yaitu dengan jasa tukang ojek dengan tarif yang terjangkau. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang menarik khas alam Indonesia.

air terjun montel muria

Selain makam keramat Sunan Muria, di lokasi gunung Muria juga terdapat air terjun yang bernama air terjun Montel yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Dari makam sunan Muria para pengunjung dapat berjalan kaki sepanjang 1,5 Km atau sekitar 30 menit untuk menuju ke air terjun ini. Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi panorama perkebunan kopi yang menarik. Masih di sekitar lokasi gunung Muria terdapat sebuah Gua peninggalan Penjajah Jepang yang menjadi tempat persembunyian tentara Jepang dari Sekutu pada perang Dunia II. Gua Jepang ini memiliki panjang sekitar 100 meter. Udara yang sejuk dan segar membuat para pengunjung betah dan nyaman untuk berlama-lama di Gunung Muria ini.

muria mounthaint Lukisan Wajah Sunan Muria

Nah jika anda berencana untuk ke kota Kudus, jangan lewatkan untuk singgah terlebih dahulu di gunung Muria yang memiliki kawasan yang indah dan bersejarah di Kabupaten Kudus. Selamat Berkunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here