Objek Wisata Kebun Mawar Situhapa Garut

0
4124
Wisata Kebun Mawar Situhapa
Wisata Kebun Mawar Situhapa

Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang menyimpan aneka Budaya dan kerajinan yang terkenal baik lokal maupun Internasional. Kota intan merupakan sebutan bagi Kabupaten Garut ini. Bukan maksud bahwa Garut merupakan kota penghasil intan. Akan tetapi, sebutan tersebut merupakan cerminan bagi keindahan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Garut. dari mulai pegunungan sampai ke lautan pun ada di Garut dan semua itu merupakan anugerah indah yang pautu disyukuri oleh masyarakat Garut karena tidak semua daerah di Indonesia bisa sekomplit Garut.

Jika selama ini anda menyukai keindahan dari bunga dan sering berkunjung ke Cianjur. Namun kali ini anda harus mencoba datang ke Kabupaten Garut, karena tempat wisata di garut pun terdapat taman bunga yang tak kalah indahnya dengan taman bunga yang lainnya. Kebun bunga ini dinamakan dengan Taman Bunga Situhapa Garut yang terletak di daerah kecamatan Samarang Kabupaten Garut Jawa Barat. Penasaran dengan keindahannya? Kebetulan belum lama ini saya sempat berkunjung tempat wisata Garut ini. Ya, dalam rangka kunjungan ke rumah teman di Bandung, lalu saya diajak jalan-jalan ke Garut hehe.

Prosesnya ini cukup menarik, karena semuanya serba instan. Mulai dari rencana kunjungan ke Bandung, proses pemesanan tiket transportasi, sampai kunjungan ke Taman Bunga. Jadi, perjalanan waktu itu tanpa persiapan yang matang sama sekali, bahkan terkesan apa adanya hehe. Untuk transportasi, tentu saya harus menggunakan pesawat karena waktu luangnya juga sangat terbatas, oleh karena itu saya memutuskan untuk menggunakan cara instan, yaitu dengan menggunakan online travel agen di Indonesia. Mulailah buka website Traveloka.com Utiket, Tiket, dan Wego. Dari berbagai hasil yang ditampilkan, tampaknya AirAsia yang menempati posisi teratas dalam harga termurah (sedang ada promo AirAsia). Namun, dari keempat layanan tersebut, ternyata harga tiket AirAsia yang paling murah. Selang 30 menit, etiketpun sudah sampai di email dan siap untuk di-print.

Nah, pada saat di Bandungpun, saya tidak berencana untuk ke taman bunga ini, ya lebih tepatnya karena belum pernah tahu hehe. Tiba-tiba teman saya mengajak jalan-jalan ke tempat yang asik, katanya karena dia lagi membutuhkan spot/tempat yang cocok untuk foto. Dari sinilah saya akhirnya tahu tentang Taman Bunga Situhapa di Garut.
Perjalanan dari Bandung ke Garut itu sendiri memakan waktu kurang lebih 1,5 jam, dan melewati kampung Sampireun atau mulih ka desa dan kawasan Kawah Kamojang. Lokasinya memang sejurusan dengan tempat-tempat di atas, letaknya sebelum Kawah Kamojang dan sesudah Kampung Sampireun.. Nanti anda akan menemukan sebuah plang yang bertuliskan Taman Bunga Situhapa.

Area lokasi Taman Bunga Situhapa ini memiliki luas tanah kurang lebih 5 Ha dengan ketinggian tanah sekitar 1150 Meter dari permukaan laut. Masyarakat setempat biasa menyebut lokasi ini dengan nama Situhapa. Jalur menuju Taman bunga Situhapa ini dapat anda tempuh dari 2 jalur. Jalur pertama adalah dari Kota Garut kemudian menuju kecamatan Samarang dan sebelum pasar anda dapat belok kanan menuju ke arah Kamojang dengan lama perjalanan sekitar 15 menit atau 30 menit paling lamanya karena jelur dari wisata Garut kota ini sekitar 20 Km. Sementara jalur yang kedua adalah dari arah Bandung menuju Pangalengan dan belok menuju Kamojang. Dari Kamojang menuju arah Samarang Garut.

Selama perjalanan anda akan disuguhi pemandangan yang eksotis dengan hamparan perkebunan dan bukit yang berbaris indah. Udara segar dapat anda rasakan selama perjalanan dan rasa penat selama perjalanan akan tergantikan setelahnya sampai di lokasi. Rancangan lokasi taman Bunga Mawar ini dibentuk pulau-pulau, sehingga terdapat ruang-ruang diantara pulau-pulau tersebut. setiap pulau membentuk zona jenis tanaman tertentu, antara lain zona Azalea, zona Mawar, zona tanaman air, zona Begonia, zona Cana dan zona-zona lainnya yang begitu banyak dan menambah keindahan Taman bunga ini. Adapun zona yang paling besar yaitu zona Mawar Damacena yang terkenal dengan pancaran keharumannya yang khas yang terhampar besar oleh bunga mawar yang lebih besar jika dibanding zona bunga-bunga yang lainnya.

Sekitar 500 jenis tanaman bunga berhasil ditanam di taman ini dari mulai awal tahun 2010 sampai dengan akhir tahun 2011. Selain itu, untuk menarik para pengunjung dan menjadikan pengunjung lebih betah berlama-lama di taman bunga Situhapa ini. Maka dibangun pula penginapan, toko cenderamata, restoran, dan bengkel produksi minyak atsiri dari bunga mawar. Semua bangunan pendukung ini ditempatkan di sisi bukit dikarenakan supaya tidak mengganggu pamandangan.

Jika kita menginap di taman Bunga ini, kita akan enggan untuk pulang. Hal ini dikarenakan lokasi serta fasilitas yang disuguhkan begitu menarik. Dengan desain penginapan yang bermaterialkan kayu kelas juga halaman penuh dengan bunga serta latar belakang hamparan gunung Papandayan dan gunung Cikuray yang elok menjadi daya tarik yang sulit untuk ditemui ditempat lainnya.

Jadi, jika anda berkunjung ke Kota Garut, jangan sampai terlewatkan untuk sekedar mampir dan beristirahat di taman Bunga Situhapa ini. Selama Berkunjung.

Artikel ini di cari dengan Kata Kunci:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here