Perhatikan Hal-hal Ini Saat Berlibur Menggunakan Kereta Api

0
155

Dalam melakukan perjalanan darat dengan jarak menengah dan jauh, ada dua opsi transportasi yang banyak diminati: kereta api dan bus. Namun sejak beberapa tahun terakhir, jumlah pengguna kereta api mengalami peningkatan yang cukup tajam. Peningkatan ini pun terjadi secara merata di wilayah Pulau Jawa.

Mengapa kereta api?

Kereta – pixabay.com

Beberapa alasan mengapa kereta api kini lebih banyak dipilih masyarakat adalah sebagai berikut.

  • Bebas macet

Kendati sopir bus dapat dengan lihai menyalip kendaraan dari berbagai sisi, tetap saja kemacetan akan menjadi penghambat. Sementara itu, kereta api tidak akan pernah mengalami macet. Sepanjang lintasan yang tersambung dari ujung ke ujung pulau, kereta api memiliki jalur eksklusif yang tidak dapat diganggu oleh kendaraan lain.

  • Jadwal pasti

Kenyataannya, jadwal keberangkatan dan kedatangan bus di Indonesia masih belum terorganisasi dengan baik. Anda tentu juga kerap menjumpai bus yang masih saja tidak berangkat setelah menunggu lama, bukan? Sayangnya, masih cukup banyak bus yang baru beroperasi berdasarkan okupansi. Tentu saja bagi Anda yang sudah terlanjur memilih bus, menunggu lama, dan terburu-buru akan merasa kurang nyaman dengan keadaan ini. Sementara jika menggunakan kereta api, jadwalnya lebih pasti, bahkan jadwal keberangkatan kereta api nya sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Untuk melihat jadwal lengkap dan pembeliannya, kamu bisa cek jadwal KA di Traveloka, atau klik https://www.traveloka.com/kereta-api.

  • Aman dari calo

Ketika melakukan reservasi tiket kereta api, Anda akan dimintai kartu identitas. Tiket pun tidak dapat dipindahtangankan. Dengan demikian, meski bagi sebagian orang kebijakan seperti ini dirasa sedikit memberatkan, tingkat keamanan menjadi lebih terjaga. Anda akan lebih terhindar dari calo dan penipuan.

  • Fasilitas nyaman

Kini, siapa pun dapat menggunakan fasilitas kereta api yang nyaman dengan bujet yang ramah kantong. Tidak harus kereta api dengan kelas eksekutif yang dilengkapi AC. Kereta api kelas ekonomi pun kini sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan dan sama terjaga ketertibannya dari pedagang.

Tips Liburan Menggunakan Kereta Api

Stasiun Kereta – pixabay.com

Untuk memaksimalkan kenyamanan berlibur menggunakan mesin beroda yang panjang ini, beberapa tips liburan menggunakan kereta api berikut bisa Anda terapkan.

  • Reservasi tiket beberapa hari sebelum keberangkatan

Hindari melakukan pemesanan tiket mendekati hari H. Pasalnya, mencari tiket kereta api saat ini juga menjadi agak lebih susah. Alasannya pun tidak lain karena semakin banyaknya masyarakat yang lebih memilih menggunakan kereta api untuk bepergian.

Berbeda dengan harga tiket pesawat yang semakin mahal saat mendekati waktu keberangkatan, harga tiket kereta api stabil. Hanya saja, di setiap kelas (eksekutif dan bisnis), ada variasi harga yang bisa Anda pilih. Seperti contoh, untuk kereta Turangga (eksekutif) jurusan Bandung-Surabaya, Anda bisa memilih variasi harga mulai di kisaran Rp385.000,00-Rp460.000,00.  Semakin awal Anda memesan tiket, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan harga termurah. Terutama dengan kehadiran situs reservasi tiket kereta api online seperti Traveloka, Anda jadi semakin mudah melakukan pemesanan.

  • Pesan tiket untuk mudik tiga bulan sebelumnya

Banyak pula orang yang memilih untuk mudik ke kampung halaman saat lebaran menggunakan kereta api. Anda tentu tidak perlu lagi bertanya bagaimana susahnya mendapatkan tiket pada high season seperti ini. Untungnya, Anda sudah bisa melakukan pemesanan tiket angkutan mudik yang satu ini tiga bulan sebelum lebaran. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi takut kehabisan tiket.

  • Bawa barang seperlunya

Persiapan Keberangkatan -pixabay.com

Sebenarnya dalam setiap kali bepergian, bawalah barang-barang seperlunya saja. Minimalisasi membawa barang-barang yang kemungkinan besar tidak akan digunakan dan hanya menyesakkan ruang dalam tas atau koper Anda. Buatlah perjalanan Anda tidak menjadi terbebani dengan barang-barang bawaan yang tidak penting. Selain itu, di kereta api pun, Anda juga akan dikenai batas maksimal berat barang bawaan.

  • Siapkan kartu identitas di tempat yang mudah dijangkau

Hal kecil yang sebenarnya juga membuat penumpang lain merasa sedikit kesal saat melakukan poses check-in adalah mengeluarkan kartu identitas dari dompet. Kebanyakan, penumpang wanita yang masih harus merogoh tas untuk mengambil dompet dan mengeluarkan kartu identitas—meski tidak menutup kemungkinan penumpang laki-laki juga mengalami hal serupa. Untuk itulah, siapkan kartu identitas dan tiket di tempat yang mudah dijangkau tetapi tetap aman.

  • Datang maksimal 15 menit sebelum keberangkatan

Melalui apa pun Anda melakukan reservasi, baik langsung datang ke stasiun atau pesan di situs online seperti Traveloka, Anda tetap wajib mencetak tiket sendiri. Anda harus memasukkan kode booking pada komputer yang tersedia di stasiun dan mencetak lembar tiket berwarna oranye. Karena itulah, hindari datang ke stasiun dalam rentang waktu yang mepet dari jadwal keberangkatan.

Itulah beberapa tips liburan menggunakan kereta api. Mari buat perjalanan Anda menjadi semakin aman, nyaman, dan berkesan bersama PT. KAI. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here