rekomendasi wisata pendakian di Indonesia

Tahukah Anda bahwa salah satu hal yang paling menyenangkan dari mendaki gunung adalah menyaksikan pemandangan yang indah. Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai ribuan pulau juga dianugerahi pegunungan yang begitu indah. Setidaknya ada ratusan gunung yang sudah tersebar di wilayah Indonesia.

Tapi dari sekian banyaknya gunung yang ada, ternyata hanya beberapa diantaranya yang jadi tujuan favorit para pendaki. Karena gunung tersebut mempunyai pemandangan yang spektakuler yang hanya bisa Anda nikmati ketika Anda mendakinya. Berikut ini akan kami rekomendasikan kepada Anda tentang beberapa tempat wsiata pendakian di Indonesia yang terbaik untuk dapatkan keindahan yang tak ada duanya.

Rekomendasi Wisata Pendakian di Indonesia

Gunung papandayan

Rekomendasi wisata pendakian di Indonesia yang pertama adalah gunung papandayan. Papandayan merupakan tempat dimana bunga edelweis tumbuh serta memamerkan keindahannya yang umumnya dikenal dengan sebutan tegal alun. Sebagaimana Suryakencana dan Mandalawangi, Tegal Alun juga jadi salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk menyaksikan indahnya bunga edelweis.

Gunung bromo

Gunung bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Gunung bromo sendiri dikenal sebagai salah satu gunung yang mempunyai pemandangan sunrise yang begitu indah. Lokasinya ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pemandangan sunrise yang ada di gunung bromo semakin cantik sebab Anda bisa melihat rangkaian puncak gunung di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut.

Gunung ijen

Gunung ijen ada di 3 kabupaten di Jawa Timur, yakni Situbondo, Banyuwangi, dan juga Bondowoso. Tetapi, pos pendakian gunung ijen ada di desa Paltuding, kecamatan Licin, Banyuwangi. Gunung ijen dikategorikan sebagai salah satu gunung yang tak terlalu tinggi karena ketinggiannya hanya mencapai sekitar 2.443 meter dari permukaan laut. Hal paling istimewa yang bisa dijumpai di gunung tersebut adalah pemandangan api biru yang bakal terlihat sangat keren saat dini hari.

Gunung rinjani

Tak hanya memiliki pantai yang super duper cantik, tetapi Pulau Lombok juga memiliki wisata pendakian yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja, yakni gunung rinjani. Gunung tersebut sering sekali disebut sebagai tempat wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Apabila Anda pernah lihat keindahan gunung rinjani langsung, pastinya Anda akan mengiyakan pendapat tersebut dengan sangat mudah. Di gunung ini terdapat padang savana yang cantik ditumbuh oleh bunga edelweis, dan pemandangan sunrise yang begitu menawan.

Gunung semeru

Ini adalah gunung paling indah dan tinggi di Pulau Jawa. Gunung semeru tersebut memang sudah jadi legenda sejak lama. Keindahannya tak pernah lekang termakan oleh waktu. Keindahan gunung ini menjadikan paran pendaki dari berbagai daerah bahkan negara rela datang jauh – jauh. Gunung semeru bisa dibilang sebagai salah satu pegunungan yang paling ramai. Maksimal kuota pendakian di gunung semeru ini hanya 500, sehingga membuat para pendaki terkadang harus mengantri di ranu pani.

Gunung merbabu

Rekomendasi wisata pendakian di Indonesia lainnya adalah gunung merbabu. Gunung tersebut ada diantara perbatasan antara kabupaten Magelang, Boyolali, dan Semarang. Gunung merbabu sajikan keindahan yang berupa padang savana yang bisa Anda nikmati dari lereng – lereng puncak. Gunung tersebut mempunyai jalur pendakian yang dikenal memiliki view paling indah, yakni jalur selo yang ada di kabupaten Boyolali.

Gunung gede dan pangrango

Gunung gede adalah gunung paling laris di Jawa Barat. Karena jika bukan pemandangan indah yang dimilikinya, tempat tersebut merupakan alun – alun Suryakencana yang dipenuhi oleh bunga edelweis. Di alun – alun Suryakencana ini Anda bisa menikmati pemandangan sang bunga abadi tersebut. Gunung gede masih ada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jadi, Anda tak hanya menikmati keindahan gunung gede sendiri, tetapi Anda juga bisa menikmati keindahan gunung pangrango.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang rekomendasi wisata pendakian di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Kategori: Wisata