Wisata PendakianSetiap orang punya rasa ketertarikan tersendiri termasuk dalam hal wisata. Ada sebagian orang yang mengaku lebih suka datang berwisata ke pantai, sementara di sisi yang lain ada yang lebih suka datang berwisata ke tempat wisata berupa danau. Namun juga ada yang suka tantangan dan lebih memilih untuk datang ke tempat wisata pendakian. Lantas Anda golongan yang mana?

Bagi Anda yang suka dengan wisata pendakian, di Indonesia ada banyak sekali tempat wisata berupa gunung yang cocok menjadi tempat pendakian Anda. Jika Anda tertarik berkunjung kesana, jangan pernah terlupa untuk mengetahui tips wisatanya agar perjalanan wisata Anda tidaklah mengalami hambatan. Berikut kami uraikan informasi selengkapnya untuk Anda beberapa tips wisata pendakian yang harus Anda tahu.

Tips Wisata Pendakian yang Harus Kamu Tahu

Jangan lupakan persiapan

Jangan lupakan persiapan

Persiapan bagi para pendaki pemula memang seringkali dianggap remeh. Banyak para pendaki pemula yang tidak menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama pendakian dari awal. Pendakian akan menunjukkan seberapa besar diri Anda bisa bertahan dari apa yang telah menjadi kelemahan diri Anda sendiri. Dalam persiapan pendakian Anda tak perlu membawa berbagai macam barang yang tidak penting seperti halnya tipe-x untuk mencoret batu, atau membawa kertas untuk ditulis tidak jelas agar terkesan kekinian. Anda hanya perlu siapkan semua barang yang dibutuhkan kalau semua yang dibutuhkan tersebut sudah Anda siapkan baru hal lain bisa Anda pikirkan. Pun jika barang lain tidak cukup didalam bag jangan dipaksakan.

Atur jadwal

Wisata Pendakian

Ketika Anda akan melakukan pendakian buatlah suatu jadwal. Memang terlihat secara sederhana akan tetapi hal ini harus dibuat dengan matang dan dengan detail. Seperti halnya ketika Anda dan kelompok berangkat jam berapa kemudian kumpul dimana dan sampai di pos yang telah disepakati jam berapa semua itu perlu Anda tahu secara detail agar pendakian tidak berantakan dan agar Anda tidak melewatkan setiap keindahan yang sedari awal telah dibidik.

Pandai beradaptasi itu penting

Wisata Pendakian

Sebelum Anda benar – benar mendaki gunung Anda perlu tahu kondisi gunung itu seperti apa. Seberapa dingin gunung tersebut dan bagaimana struktur gunung apakah mudah atau sulit juga menjadi hal yang sangat penting Anda tahu. Jangan Anda baru datang kemudian langsung tak sabar mendaki. Anda harus beradaptasi dulu.

Lakukan manajemen logistik

Wisata Pendakian

Anda harus mampu melakukan pembagian secara rata apa yang harus dibawa oleh masing – masing anggota kelompok. Utamanya jika hal yang penting dibawa tersebut ada kaitannya dengan hal – hal logistik semisal seperti peralatan masak, tenda, bahan makanan berat, air dan yang lainnya. Semua itu harus Anda bagi dengan semua anggota kelompok. Sementara makanan ringan sendiri sesuai dengan selera Anda yang terpenting jangan Anda bawa banyak – banyak karena bisa menyusahkan diri Anda dan anggota kelompok lainnya.

Ikuti konstruksi dan larangan yang diarahkan petugas gunung

Wisata Pendakian

Sebelum Anda mendaki ketentuannya adalah Anda daftarkan dulu diri Anda ke petugas setempat. Tujuannya jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi bisa segera ditangani. Ketika melakukan pendaftaran Anda harus pahami apa saja yang menjadi instruksi petugas dan jangan remehkan apapun yang menjadi larangan atau pantangan dari petugas tersebut.

Itulah beberapa tips wisata pendakian yang harus kamu tahu. Dengan menaati semua peraturan dan melakukan segala persiapan tentu pendakian Anda akan sangat menyenangkan dan tanpa hambatan.

Kategori: Wisata