Jika berbicara tentang transportasi darat, tidak bisa dipungkiri bahwa kereta api masih menjadi primadona bagi banyak orang, mungkin termasuk kamu juga. Beberapa orang lebih memilih bepergian menggunakan kereta api karena berbagai alasan. Alasan yang paling utama adalah bebas macet. Selain itu, kereta api memiliki jadwal yang tetap sehingga orang-orang bisa menyesuaikan dengan jadwal mereka. Kereta api juga semakin nyaman dan bersih hari ini. Sudah tidak ada lagi pedagang-pedagang yang menjajakan dagangan mereka di dalam kereta. Dan, semua perjalanan kereta api sekarang bebas asap rokok, sehingga kamu yang tidak menyukai asap rokok atau membawa anak kecil, kamu tidak perlu khawatir lagi akan kenyamanan bepergian dengan kereta api.

mau tau bagaimana naik kereta Bengawan

Ada banyak sekali kereta api dengan berbagai kelas dan rute yang dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia atau disingkat PT. KAI. Seperti contohnya kereta api Bengawan. Kereta Bengawan adalah kereta api kelas ekonomi yang melayani rute dari Purwosari, Lempuyangan, ke Pasar Senen dan juga sebaliknya. Jadi, untuk kamu backpacker yang ingin traveling ke atau dari Jakarta ke Yogyakarta, kamu bisa mempertimbangkan untuk bepergian dengan kereta api Bengawan ini. Dalam satu kali perjalanan, kereta api Bengawan ini membawa setidaknya 7 hingga delapan gerbong kereta ekonomi. Apa kamu mau tau bagaimana naik kereta Bengawan?

mau tau bagaimana naik kereta Bengawan

Sebelum pergi dan membeli tiket di stasiun terdekat di kotamu, lebih baik kamu cek terlebih dahulu jadwal kereta api Bengawan di website resmi KAI atau di aplikasi KAI yaitu KAI Access. Pilihlah jadwal yang sesuai dengan yang kamu inginkan sehingga kamu tidak perlu berlama-lama di konter penjualan tiket di stasiun kereta api. Kamu tinggal mengisi formulir yang sudah disediakan dan menyerahkannya pada petugas penjualan tiket. Petugas akan memeriksa ketersediaan tempat duduk. Jika jadwal yang kamu inginkan sudah penuh, kamu terpaksa harus mencari jadwal lain yang masih tersedia tempat duduk. Selain membeli tiket kereta langsung di stasiun kereta api terdekat di lokasimu, kamu juga bisa membelinya secara online. Kamu bisa membeli tiket kereta lewat aplikasi KAI Access atau lewat situs booking online, seperti Traveloka, Pegi Pegi, Tiket.com, dan lainnya.

mau tau bagaimana naik kereta Bengawan

Saat kamu akan menaiki kereta pada jadwal keberangkatan, kamu harus menunjukkan kartu identitas dan tiket kereta yang sudah kamu beli kepada petugas. Kartu identitas yang perlu ditunjukkan bisa berupa Kartu Tanda Penduduk atau KTP, SIM, paspor, buku nikah, atau surat keterangan pengganti KTP. Tanyakan pada petugas kereta api Bengawan ada di jalur kereta nomor berapa dan kamu tinggal menunggu kereta datang di jalur tersebut. Usahakan kamu datang lebih awal dari jadwal kereta sehingga kamu tidak akan tertinggal.

Kereta api Bengawan adalah kereta api kelas ekonomi yang dikelola oleh Daerah Operasi VI Yogyakarta. Kereta ini hanya beroperasi atau melakukan perjalanan satu kali pulang pergi dari stasiun Purwosari ke Stasiun Pasar Senen. Jika kamu bepergian dari Yogyakarta ke Jakarta atau sebaliknya, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 9,5 jam di atas kereta dengan pemberhentian di 12 stasiun. Kereta api Bengawan menggunakan tarif flat untuk rute Yogyakarta – Jakarta dan juga sebaliknya. Tiket yang dijual bertarif Rp. 74.000 per penumpang. Harga ini jauh lebih terjangkau dibandingkan kereta lainnya dengan rute yang sama. Seperti kereta api Progo yang tiketnya berharga Rp. 125.000. Jadi, untuk kamu yang ingin traveling dengan budget yang tipis, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih menggunakan kereta api Bengawan ini.

Walaupun kereta api kelas ekonomi, kamu tidak perlu khawatir dengan kenyamanan kereta Bengawan. Kereta ini dilengkapi dengan pendingin udara atau AC di setiap gerbongnya. Fasilitas lainnya juga disediakan untuk menunjang kenyamanan penumpang. Seperti stop kontak, toilet bersih, dan juga makanan berbayar yang nantinya akan ditawarkan oleh petugas. Jika kamu ingin beristirahat selama perjalanan, kamu bisa menyewa bantal dan selimut. Harga sewanya juga termasuk terjangkau. Sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000. Bagaimana? Jangan ragu untuk traveling menggunakan kereta api Bengawan yang nyaman ini.

Kategori: Wisata