PULAU PENYU SERANGAN BALI, Pulau Yang Difungsikan Untuk Penangkaran Penyu Hijau Yang Hampir Punah

Pulau Penyu Serangan merupakan pulau yang sangat terkenal di pulau Bali, karena di tempat ini terdapat tempat penangkaran penyu hijau yang hampir punah, maka dari itu keberadaannya sangat dilindungi oleh pemerintah. Dengan adanya penangkaran tersebut bisa menekan para pemburu-pemburu liar yang memanfaatkan daging penyu hijau tersebut. Pulau ini dulunya merupakan sebuah dataran yang terpencil sehingga untuk mencapai pulau tersebut harus melalui boat dari Sanur, Suwungan atau Tanjung Benoa.

 

pulau penyu

 

Pulau ini memiliki luas sekitar 101 hektar, namun pasca reklamasi berubah menjadi 365 hektar, kemudian dibagun juga infrastruktur jalan yang menghubungkan antara Pulau Bali dan Serang, yang diperuntukan untuk memudahkan bagi orang-orang yang berkunjung ke pulau ini baik itu hanya untuk sekedar sembahyang di Pura Saknah ataupun untuk berwisata.

 

SONY DSC

 

Pulau ini masih menjadi wilayah Kodya Denpasar, Pulau Penyu Serangan ini dimanfaatkan sebagai tempat penangkaran penyu dan juga kura-kura. Jika ingin menuju ke tempat ini sangatlah mudah. Dari by pas Ngurah Ray jurusan Kuta tujuan Sanur, setelah bertemu dengan perempatan Denpasar Benoa anda akan melihat jalan besar, nah itulah jalan yang harus dilalui untuk menuju ke pulau ini. Namun jika anda mesih kebingunga dengan arah, sebaiknya anda menyewa sebuah mobil.

 

pulau penyu, tempat penangkaran penyu

 

Di tempat ini anda akan melihat proses pengembangbiakan dari binatan langka ini, dimulai dari bertelur, pengeraman serta pemeliharaa dari telur betina atau jantan tersebut. Pemeliharaan darianak penyu sampai dewasa. Tempat ini bisa dijadikan selain sebagai sarana rekreasi juga bisa dijadikan sebagai sarana edukasi badi anak-anak sekolah, karena tidak jarang banyak anak-anak sekolah yang datang ke tempat ini.

 

pulau penyu, penyu hijau

 

Pulau Serang itu sendiri memiliki hutan bakau yang cukup luas, dengan pantainya yang berukuran cukup kecil, itu memungkinkan bagi anda untuk melihat matahari terbit (sunrise) ataupun matahari terbenam (sunset).

 

pulau penyu, memangcing

 

Kegiatan atau aktifitas yang bisa anda lakukan di tempat ini adalah melepas anak penyau di sore hari sambil ditemani dengan matahari terbenam, memancing, surfing serta diving. Selain itu juga ada beberapa permainan watersport yang bisa anda lakukan yaitu banana boat, jetsky, parasailing, watersky, snorkeling. Dengan beragam permainan dan kegiatan yang ada di tempat ini bisa menjadikan liburan anda lebih menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *